Pembelajaran Kontekstual

Pembelajaran Kontekstual | Contextual Teaching and Learning | CTL

Pembelajaran Kontekstual muncul dari latar belakang rendahnya mutu keluaran atau hasil pembelajaran yang ditandai dengan ketidakmampuan sebagian besar siswa menghubungkan apa yang telah mereka pelajari dengan cara pemanfaatan pengetahuan tersebut pada saat ini dan di kemudian hari dalam kehidupan siswa. (Komalasari, 2010: 1)

Dari uraian diatas jelas terlihat bahwa ketidakmampuan sebagian besar siswa dalam menghubungkan apa yang telah mereka pelajari dengan cara pemanfaatan pengetahuan tersebut harus mendapat perhatian lebih dari para tenaga pendidik. Sebagai seorang tenaga pendidik harus benar-benar peka terhadap masalah yang dihadapi peserta didiknya agar output dari pendidikan kita bisa sesuai dengan yang diharapkan.
Pembelajaran Kontekstual   merupakan konsep belajar dan mengajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, warga negara, dan pekerja. Blanchard, Berns dan Erickson (dalam komalasari, 2010: 6)

Dari pendapat ahli diatas, menunjukkan bahwa Pembelajaran Kontekstual  hadir sebagai konsep belajar dan mengajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata murid. Hal kecil yang bisa dilakukan seorang guru dalam mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi nyata siswa bisa diterapkan lewat apersepsi sebelum mata pelajaran dimulai, sehingga murid termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.

Pembelajaran Kontekstual   adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka (Sanjaya, 2006: 255)

Komalasari (2010: 7) juga memberikan pengertian yang hampir sama bahwa :
Pembelajaran Kontekstual   adalah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata siswa sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, maupun warga negara, dengan tujuan untuk menemukan makna materi tersebut bagi kehidupannya

Berdasarkan beberapa definisi pembelajaran kontekstual tersebut maka dapat disimpulkan bahwa
Pembelajaran Kontekstual  merupakan proses pembelajaran yang membelajarkan murid untuk bisa mengaitkan antara pengetahuan yang telah dimiliki oleh murid  dengan kehidupan sehari-hari mereka. 

Dengan memasukan alamat email Anda dibawah ini, berarti Anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.hayardin.com di inbox E-mail anda

Enter your email address:


Delivered by FeedBurner

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pembelajaran Kontekstual"

  1. Bagus bagus Lo Bang Tulisannya....cuman kurang publikasi...coba kirim ke Vivanews.com..Lumayan kalau diterbitkan...banyak pengunjung...kan eman eman artikelnya bagus....happy blogging Bang....

    BalasHapus
  2. @sobat mrofiuddin : terimakasih kang atas sarannya,,,iya nanti saya publikasikan di vuvanews...

    BalasHapus

Terimakasih Sudah Membaca Artikel Dalam Blog www.hayardin.com

Silahkan Tinggalkan Komentar Karena Komentar Anda adalah inspirasi saya untuk membuat goresan dalam blog ini...

Saya akan sangat berterima kasih dan menghormati Anda jika tidak melakukan SPAM. Kritik dan saran yang membangun akan saya terima dengan senang hati...

Salam SUKSES !

Hayardin, S.Pd