Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Artikel Pendidikan pada postingan kali ini akan membahas mengenai Pengertian Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) setelah pada postingan yang lalu telah membahas mengenai Bagaimana tata cara pengetikan Skripsi. Apakah Anda masih mengalami Stress tingkat tinggi karena selama Konsul Skripsi masih sering menerima coretan coretan mesra dari dosen Pembimbing Anda ? 

Jika Ya, Anda bisa melirik postingan terdahulu dalam blog ini mengenai Bagaimana Tata Cara Pengetikan Skripsi Yang Baik dan Benar sebelum kita sama sama membahas mengenai Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Apa Pengertian PTK ? Yaa,, Pertanyaan ini masih sering terbayang di kepala saya. Mengapa ? Jawabannya adalah saat saya dulu menjalani Seminar Proposal, kebetulan teman Kelompok saya ditanya sama dosen Penguji mengenai Apa Itu PTK. Dan tahukah Anda Apa jawaban dari teman Saya ? Dia Hanya Diam Seribu Bahasa tanpa sepatah katapun.

Jika Anda tidak ingin mengalami hal yang sama dengan teman saya, maka Teruskan membaca ! Karena lewat tulisan yang sederhana ini saya akan berbagi kepada Anda mengenai Apa Pengertian Penelitian Tindakan Kelas.

Apakah Anda juga seorang Mahasiswa yang sedang Jungkir balik untuk meraih Gelar Sarjana ? Jika YA, Berarti Nasib kita sama. Nasib saya juga masih terkatung katung entah kapan Sarjananya. Tapi Saya yakin sebuah titik Terang menanti kita di depan Sana, Jadi Tetaplah Melangkah !

Ok, Kembali kemasalah PTK. Arikunto dkk ( 2006 ) mengemukana bahwa Penelitian Tindakan Kelas adalah Pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi didalam kelas secara bersamaan.

Pendapat yang hampir sama juga dikemukakan oleh Burns, (1999); Kemmis & McTaggrt (1982); Reason & Bradbury (2001) yang menjelaskan bahwa PTK merupakan intervensi praktik dunia nyata yang ditujukan untuk meningkatkan situasi Praktis

Berdasarkan dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu Usaha Sadar yang dilakukan oleh Peneliti dalam mengobservasi Guru dan Murid, dimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah setelah dilakukan penelitian terjadi Peningkatan kwalitas pembelajaran atau tidak.

Bagaimana ? Apakah Anda sudah mendapat sedikit gambaran mengenai Pengertian Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ? Jika Yaa,, Alhamdulillah, kini saatnya saya untuk Pamit Undur diri karena saya juga mau belajar lagi untuk Persiapan Seminar Hasil pada Hari Jum’at 28 September 2012.

Saya minta doanya semua semoga Seminar Hasil saya berjalan dengan Lancar. Semoga nantinya kita semua berada pada satu titik dimana pada titik itu kita semua sudah berada pada titik kesuksesan. Aamiin

Posting Komentar untuk "Pengertian Penelitian Tindakan Kelas"