Sejarah Kabupaten Barru

Sejarah Kabupaten Barru
Setelah sekian lama jemari ini jungkir balik menulis mengenai berbagai macam Tutorial blog, Tips SEO dan berbagai macam peluang Bisnis Online, akhirnya muncul juga Ide Briliant untuk membahas Sejarah Kabupaten Barru.

Kabupaten Barru. Apakah Anda pernah mendengar nama ini ? Bagi Anda yang berada di Luar Pulau Sulawesi Selatan, nama Kabupaten ini mungkin sangat asing Anda dengar. 

Tapi bagi saya pribadi nama kabupaten ini terdengar begitu Indah karena di kota inilah cerita hidup saya berawal, di kota inilah kaki ini mulai menapaki jalan berbatu hingga ku bisa berdiri tegar seperti ini.

Setelah jungkir balik dan guling guling bersama eyang google hingga bertapa di Gowa Hantu, akhirnya jemari ini berhasil mengumpulkan informasi mengenai Sejarah Kabupaten Barru.

Sebelum resmi menjadi Kabupaten Daerah Tingkat II Barru dengan ibukota Barru, berdasarkan Undang-Undang Nomor 229 tahun 1959 pada tanggal 24 Pebruari 1960, Kabupaten Barru dahulu merupakan sebuah kerajaan kecil yang masing-masing dipimpin oleh seorang Raja, yaitu Kerajaan Berru (Barru), Kerajaan Tanete, Kerajaan Soppeng Riaja dan Kerajaan Mallusetasi.

Dimasa pemerintahan Belanda dibentuk Pemerintahan Sipil Belanda dimana wilayah Kerajaan Barru, Tanete dan Soppeng Riaja dimasukkan dalam wilayah Onder Afdelling Barru yang bernaung dibawah Afdelling Parepare.

Sebagai kepala Pemerintahan Onder Afdelling diangkat seorang control Belanda yang berkedudukan di Barru, sedangkan ketiga bekas kerajaan tersebut diberi status sebagai Self Bestuur (Pemerintahan Kerajaan Sendiri) yang mempunyai hak otonom untuk menyelenggarakan pemerintahan sehari-hari baik terhadap eksekutif maupun dibidang yudikatif.

Kabupaten Barru terbagi dalam 7 Kecamatan yang memiliki 40 Desa dan 14 Kelurahan, berada ± 102 Km di sebelah Utara Kota Makassar, ibukota Sulawesi Selatan.

Batas batas Wilayah selengkapnya bisa Anda lihat di bawah ini

  • Sebelah Utara dengan Kota Pare-Pare dan Kabupaten Sidrap
  • Sebelah Timur dengan Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Bone
  • Sebelah Selatan dengan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan
  • Sebelah Barat dengan selat Makassar.

Kabupaten Barru terletak pada jalan Trans Sulawesi selatan dan merupakan daerah lintas Wisata yang terletak antara Kota Makassar dan Kota Pare-Pare menuju Kabupaten Tana Toraja sebagai daerah tujuan wisata dari Mancanegara.

Apa lagi yach yang penting di bahas mengenai Sejarah Kabupaten Barru ?

Ahaa,,ada satu lagi. Sepertinya kurang lengkap kalau saya tidak menjelaskan mengenai Logo dari Kabupaten Barru. Bagi Anda yang belum pernah melihat Logo Kabupaten Barru, di bawah ini Anda bisa melihat Logo atau Lambang dari Kabupaten Barru

Sejarah Kabupaten Barru


Berikut penjelasan dari tiap gambar yang terdapat dalam Logo di atas

  1. Perisai dengan dasar warna hijau pinggir yang berwarna kuning melambangkan : 
    • Kabupaten Barru terdapat diatas bumi dan tanah yang subur
    • Penduduknya beragama islam hampir 100%, sehingga kepatuhan pada rakyat ada
    • Rakyat Kabupaten Barru mempunyai banyak harapan untuk kemajuan daerahnya karena kesuburan buminya.
  2. Empat buah payung yang tertutup mengandung arti bahwa empat kerajaan dihapuskan lalu dilahirkan Kabupaten Barru.
  3. Pita berwarna biru mempunyai arti bahwa Kabupaten Barru adalah tenang dan setia.
  4. Tulisan ” BARRU ” dengan letter putih diatas pita yang berwarna biru mengandung arti bahwa Pemerintah Kabupaten Barru dipilih dari rakyat yang suci.
  5. Sebelah atas pita terdapat padi dan jagung, menggambarkan bahwa hasil utama Kabupaten Barru adalah padi dan jagung.
  6. Diantara padi dan jagung dalam lingkaran putih terdapat gunung dan lautan, mengandung arti bahwa rakyat Kabupaten Barru selain mempunyai banyak harapan juga mempunyai cita-cita dan pandangan yang sesuai dengan alam sekitarnya yakni cita-cita setinggi gunung dan pandangan seluas lautan, serta memiliki kemauan karena kemakmurannya untuk membawa daerah dan negaranya kearah kemajuan.

Bagaimana ? Apakah Anda sudah mendapat sedikit gambaran mengenai Sejarah Kabupaten Barru ?

Jika suatu saat ada orang yang berasal dari Kabupaten Barru yang membaca tulisan ini, saya ingin bertanya sebenarnya makanan Khas dari Kota Barru Apa sih ? kenapa yaa tiap kali saya bertanya kepada orang Barru mengenai Makanan Khasnya Jawabannya pasti geleng geleng Kepala

Bagi Anda yang diluar diluar kota Barru maupun di luar Pulau Sulawesi selatan, pasti memiliki makanan Khas masing masing, mungkin Anda bisa berbagi mengenai makanan khas masing masing di bawah kolom komentar di bawah ini ?

Dengan memasukan alamat email Anda dibawah ini, berarti Anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.hayardin.com di inbox E-mail anda

Enter your email address:


Delivered by FeedBurner

Silahkan Masukkan Alamat Email Anda dibawah ini Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru dari www.hayardin.com di Inbox E-mail Anda :

1 Response to "Sejarah Kabupaten Barru "

  1. baru dengar ini sih kabupaten barru... jadi tambah wawasan neh...

    BalasHapus

Terimakasih Sudah Membaca Artikel Dalam Blog www.hayardin.com

Silahkan Tinggalkan Komentar Karena Komentar Anda adalah inspirasi saya untuk membuat goresan dalam blog ini...

Saya akan sangat berterima kasih dan menghormati Anda jika tidak melakukan SPAM. Kritik dan saran yang membangun akan saya terima dengan senang hati...

Salam SUKSES !

Hayardin, S.Pd