Bagaimana Cara Memasang Robot.txt Pada Blogger

Tutorial blog pada postingan kali ini akan berbagi mengenai Bagaimana Cara Memasang Robot.txt Pada Blogger setelah pada postingan yang lalu telah berbagi mengenai Apa itu Robot.txt.Jika Anda belum sempat membaca postingan sebelumnya, Anda bisa kembali melirik postingan terdahulu dalam blog ini mengenai Apa yang di maksud dengan Robot.txt pada blogger sebelum kita sama sama lebih jauh membahas mengenai Bagaimana Cara Memasang Robot.txt Pada Blogger

Bagaimana Cara Memasang Robot.txt Pada Blogger ? Yaa,, pertanyaan inilah yang menjadi PR saya ketika pertama kalinya blogger memperkenalkan fitur terbarunya pada bagian preferensi Penelusuran. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan Webmastertools, maka Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah robot.txt karena di dalam webmastertools kita bisa melihat robot.txt dengan mudah pada bagian Crawler Acces.

Setelah blogger secara resmi menghapus tampilan lamanya, maka Para pengguna setia blogger sudah bisa mengedit robot.txt seperti para pengguna wordpress, oleh karena itu lewat tulisan yang sederhana ini saya ingin berbagi mengenai Cara Memasang Robot.txt Pada Blogger

Robot.txt sebenarnya sudah terbentuk secara otomatis namun masih dalam keadaan default yang sudah disetting oleh blogger, setelah blogger secara resmi menghapus tampilan lamanya barulah memberikan hak akses kepada pengguna blogger untuk mengkostumisasi atau mengedit robot.txt pada bagian Preferensi Penelusuran.

Untuk melihat Robot.txt yang terebentuk secara otomatis dimana tentunya masih dalam keadaan default, silahkan Anda copy paste link di bawah ini ke dalam new tab browser Anda


http://hayardin-blog.blogspot.com/robots.txt

Silahkan ganti hayardin-blog.blogspot.com dengan alamat blog Anda untuk melihat robot.txt yang terbentuk secara default

Bagaimana ? Apakah Anda sudah melihat robot.txt nya ?

Secara default, Robot.txt pada blogger
mukanya
susunannya seperti di bawah ini



Untuk penjelasan setiap kode di atas, saya telah membahasnya pada postingan terdahulu, silahkan Anda membuka Apa yang di maksud dengan Robot.txt pada blogger untuk mengetahui maksud dari setiap kode di atas.

Sekarang kembali kemasalah Bagaimana Cara Memasang Robot.txt Pada Blogger.

Untuk memasang robot.txt pada blogger, Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini


  1. Seperti biasa, kunjungi blogger.com untuk mengakses akun blogger Anda
  2. Pilih Dashboard>Setelan>Preferensi Penelusuran>robot.txt khusus>Edit>Kemudian Pilih YA untuk mengaktifkan robot.txt seperti pada screenshoot di bawah ini
    Bagaimana Cara Memasang Robot.txt Pada Blogger
  3. Silahkan isi Robot.txt dengan robot.txt milik Anda yang default tadi. Untuk bagian sitemap, Anda bisa menambahkan sintaks &max-results=999 di belakang update karena secara default, sitemap blogger hanya bisa menampung 26 Artikel terbaru saja.
  4. Terakhir simpan perubahan. 

Semoga setelah mengikuti tutorial singkat di atas, Anda sudah bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai Bagaimana Cara Memasang Robot.txt Pada Blogger.

    Apa Anda menemui kesulitan dalam memasang robot.txt pada blogger ?

    Terus ciptakan karya terindah lewat jemari Anda melalui postingan demi postingan yang berkwalitas untuk memajukan dunia blogging di Indonesia. Saya tunggu karya terindah Anda !

    Salam SUKSES ! 

    Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Memasang Robot.txt Pada Blogger"