Pengertian Hasil Belajar

Artikel pendidikan kali ini akan membahas mengenai pengertian hasil belajar. Pada artikel pendidikan yang lalu telah dibahas mengenai pengertian belajar, jika Anda belum sempat membaca postingan terdahulu, Anda bisa melirik postingan sebelumnya mengenai Pengertian Belajar sebelum kita sama sama membahas mengenai pengertian hasil belajar.

Perubahan seseorang dari tidak tahu menjadi tahu merupakan hasil belajar, yang terpenting sebenarnya dalam belajar adalah proses belajarnya karena didalam proses itulah murid bisa belajar banyak hal. Dibawah ini ada beberapa pengertian hasil belajar menurut pada ahli.

Sudjana (sanjaya: 2011) mengemukakan bahwa “ pengertian Hasil belajar adalah adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya”. Menurut Soedijarto (Abidin: 2012) bahwa “ Hasil belajar adalah tingkat penguasaan yang dicapai oleh murid dalam mengikuti program belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan”

Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni faktor dalam diri siswa itu sendiri dan faktor dari luar siswa atau faktor lingkungan. Faktor yang datang dari dalam diri siswa terutama kemampuan kemampuan yang dimilikinya. Faktor kemampuan siswa besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar yang dicapai. Disamping faktor kemampuan yang dimiliki siswa, juga ada faktor lain, seperti motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial ekonomi, faktor fisik dan lain-lain ( Abidin: 2012)

Bundu dan Kasim (2006: 17) mengemukakan bahwa “Hasil belajar pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil interaksi dengan lingkungan”. Lebih lanjut lagi, Bundu dan Kasim (2006: 16) mengemukakan bahwa hasil belajar adalah:

(1) tahapan perubahan tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif; (2) tingkat penguasaan yang dicapai oleh murid dalam mengikuti program belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan; (3) perubahan tingkah laku yang diamati sesudah mengikuti kegiatan belajar dalam bentuk pengetahuan dan keterampilan.Pengetahuan menunjuk pada informasi yang tersimpan dalam pikiran, sedangkan keterampilan menunjuk pada aksi atau reaksi yang dilakukan seseorang dalam mencapai suatu tujuan; (4) memungkinkan dapat di ukur dengan angka-angka, tetapi mungkin juga hanya dapat diamati melaui perubahan tingkah laku. Oleh sebab itu, hasil belajar perlu dirumuskan dengan jelas sehingga dapat di evaluasi apakah tujuan yang diharapkan sudah tercapai atau belum

Dari uraian diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa pengertian Hasil belajar adalah perubahan kemampuan Kognitif, afektif dan psikomororik murid setelah mengikuti kegiatan belajar sesuai dengan tujuan pendidikan

Bagaimana ? Apa Anda sudah mendapat sedikit gambaran mengenai Pengertian Hasil Belajar ? Bagi Anda yang sedang jungkir balik berjuang untuk meraih gelar Sarjana, TERUSLAH MELANGKAH ! Yakinlah sebuah titik terang menanti Anda di depan sana. Semoga nantinya kita semua berada pada satu itik dimana pada titik itu kita semua sudah berada pada titik Kesuksesan. Amin...

Posting Komentar untuk "Pengertian Hasil Belajar "