Sunday, January 13, 2013

Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JigsawLangkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw merupakan Unsur yang sangat Penting dicantumkan jika menyusun PTK dengan memilih Jigsaw sebagai Model Pembelajarannya. 

Oleh karena itu Model Pembelajaran kali ini akan membahas mengenai Langkah langkah Model Pembelajaran Jigsaw setelah pada postingan yang lalu juga telah membahas gambaran umum mengenai model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan Pengertian model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Jika saat ini Anda sedang Jungkir balik dalam proses penyelesaian Skripsi dan kebetulan memilih model pembelajaran Jigsaw berarti Anda sudah berada di tempat yang tepat, Teruskan membaca ! Karena lewat tuilsan yang sederhana ini kita akan sama sama membahas mengenai Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Ada 4 Langkah Pokok ketika Model Pembelajaran Jigsaw diterapkan dalam proses pembelajaran di dalam kelas yaitu (1) pemberian tugas, (2) pemberian lembar ahli, (3) mengadakan diskusi, (4) mengadakan kuis

Slavin (Syarifuddin, 2009:13) mengemukakan Langkah langkah Model Pembelajaran Jigsaw sebagai berikut

  1. Membaca : murid memperoleh topik-topik ahli dan membaca materi tersebut untuk mendapatkan informasi.
  2. Diskusi kelompok ahli : murid dengan topik-topik ahli yang sama bertemu untuk mendiskusikan topik tersebut.
  3. Diskusi kelompok : ahli kembali ke kelompok asalnya untuk menjelaskan topik pada kelompoknya.
  4. Kuis: murid memperoleh kuis individu yang mencakup semua topik.
  5. Penghargaan kelompok : penghitungan skor kelompok dan menentukan penghargaan kelompok

Di bawah ini saya mencoba untuk menguraikan setiap tahap Model Pembelajaran Jigsaw yang di kemukakan oleh Slavin

1. Penyajian Materi

Pada Tahap ini pelajaran dimulai dengan guru menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi murid untuk belajar sekaligus menyajikan informasi atau materi melalui demonstrasi.

Pada saat ini murid berada pada kelompok asal yang beranggotakan 4 atau 5 orang murid yang heterogen, kemudian guru membagi tugas kepada tiap murid dalam tiap-tiap kelompok asal.

2. Diskusi Kelompok Ahli

Pada tahap ini anggota kelompok asal dengan tugas yang sama berdiskusi saling memberi pertanyaan dan jawaban untuk tugas tersebut. Guru pada saat ini harus benar-benar memantau untuk melihat hasil kerja kelompok.

3. Laporan Kelompok Asal

Pada tahap ini murid kembali dari diskusi kelompok ahli dan mempersiapkan penyampaian hasil tugasnya kepada anggota kelompoknya. Guru harus menekankan bahwa murid harus bertanggung jawab kepada rekan kelompoknya.

Secara bergiliran murid menyampaikan apa yang telah diperoleh dalam diskusi kelompok ahli. Guru memantau untuk melihat hasil diskusi kelompok asal.

4. Evaluasi Tentang Hasil Kerja Kelompok

Pada tahap ini setiap wakil dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan.

5. Penghargaan Tim

Pada tahap ini guru memberikan penghargaan atas hasil kerja murid baik secara individu maupun kelompok dalam bentuk pujian dari guru dan tepuk tangan dari teman-temannya.

Bagaimana ? Apakah Anda sudah mendapat sedikit hambaran mengenai Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ?

Bagi Anda yang masih GALAU tingkat tinggi karena Skripsi yang tidak kelar kelar, Tetap semangat yaa dalam menyusun Skripsinya, Percayalah Sebuah titik terang menanti Anda di depan sana.

Bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang guru, semoga dengan menerapkan model pembelajarn Jigsaw kepada anak didik kita, Kompetensi dasar yang diharapkan bisa tercapai. 

Jika Anda mempunyai pengalaman selama menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw, baik itu Kelemahan Model Pembelajaran Jigsaw atau kelebihan model pembelajaran Jigsaw, Anda bisa menceritakan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Happy Blogging dan salam SUKSES !

Dengan memasukan alamat email Anda dibawah ini, berarti Anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Hayardin-blog di inbox E-mail anda

Enter your email address:


Delivered by FeedBurner

cara membuat website
bisnis pulsa elektrik paling murah

Artikel Terkait Lainnya Yang Bisa Anda Baca:

Posted by : Hayardin.com ~ Cara Bisnis Online | Peluang Bisnis Online | Belajar Bisnis Online

Artikel Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw diposting oleh Hayardin.com pada Sunday, January 13, 2013 . Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan lewat kotak komentar di bawah ini.Saya akan berlakukan DMCA Complaint jika Anda melakukan Copy Paste tanpa mengikuti ketentuan yang berlaku. Copy paste wajib ijin dari Admin Hayardin.com
Terimakasih. Happy blogging dan Salam SUKSES !
Anda sedang membaca artikel tentang Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan anda bisa menemukan artikel Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ini dengan url http://www.hayardin.com/2013/01/langkah-langkah-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw.html , copy paste wajib ijin dari saya jika ingin menyebarluaskan artikel mengenai Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw serta menggunakan link Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai sumbernya. Saya akan berlakukan DMCA Complaint jika Anda melakukan Copy Paste tanpa mengikuti ketentuan yang berlaku

Item Reviewed : Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Description : Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Reviewer : Hayardin Putra - Rating : 5
Posted by: Hayardin, S.Pd
Hayardin.com, Updated at: 8:31 PM

6 comments :

  1. Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ini memag sangat berguna sekali untuk diterapkan terutama dalam proses pembelajaran, artikel ini sanagat bagus, dan bisa membantu kita semua kawan
    Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  2. terimakasih sobat buat langkah pembelajaran kooperatif jgsaw, ini lebih variatif sepertinya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sob,,,benar sekali,,,model pembelajaran jigsaw memang lebih variatif jika dibandingkan dengan model pembelajaran yang lainnya karena terdiri dari kelompok asal dan kelompok ahli...

      Delete
  3. wah sebenernya saya kurang paham sob dengan pembelajaran koperaktif... apaan sech sebenernya.. hehehehe maklum saya g sekolah sob..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembelajaran kooperatif itu sob adalah cara cara yang digunakan oleh guru ketika mengajar di dalam kelas,banyak jenisnya model pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah model Jigsaw ini,,,gpp sob sekolah bukanlah satu satunya tempat untuk belajar. Belajar bisa dilakukan dimanapun dan sampai kapanpun....

      Delete
  4. Kadang2 guru/dosen tak melakukan ini: Pada tahap ini guru memberikan penghargaan atas hasil kerja murid baik secara individu maupun kelompok dalam bentuk pujian dari guru dan tepuk tangan dari teman-temannya.

    Orangtua pun demikian, kalau anaknya salah saja dimaki tai kalau berbuat baik suka lupa dipuji :)

    ReplyDelete

Komentar Anda adalah inspirasi saya untuk membuat goresan dalam blog ini...

Saya akan sangat berterima kasih dan menghormati Anda jika tidak melakukan SPAM. Kritik dan saran yang membangun akan saya terima dengan senang hati...

Salam SUKSES !

Hayardin, S.Pd