Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif

Model pembelajaran kali ini akan membahas mengenai Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif setelah pada postingan yang lalu telah membahas mengenai kumpulan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Model pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran dimana murid belajar dan bekerja dalam kelompok secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari 2-5 orang ( Komalasari 2010 )

Cooperative learning merupakan strategi pembelajaran melalui kelompok kecil murid yang saling bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar (Depdiknas, 2003)

Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif merupakan cara atau langkah langkah pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yang menekankan murid untuk saling bekerja sama dalam kelompoknya masing masing.

Di dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, tentunya dibutuhkan Model pembelajaran yang tepat agar komptetensi yang di inginkan bisa tercapai. Model pembelajaran kooperatif ini menurut saya sendiri sangat baik digunakan karena bisa melatih murid untuk bisa saling bekerja sama didalam kelas, pembelajaran tidak lagi pada teacher center, tetapi pembelajaran pada student center, dimana murid benar-benar diajak untuk bisa aktif dalam kegiatan belajar mengajar didalam kelas melalui model pembelajaran kooperatif.

Melalui Model pembelajaran kooperatif ini diharapkan guru bisa lebih mengembangkan kompetensi profesionalnya sebagai seorang guru. Sudah saatnya pendidikan dinegara kita dibenahi. Pendidikan merupakan kunci utama majunya suatu negara.

Model pembelajaran kooperatif ini hadir sebagai wadah untuk memudahkan tugas guru ketika mengajar didalam kelas. Terdapat banyak pilihan model pembelajaran kooperatif yang bisa digunakan ketika mengajar di dalam kelas, seperti Model pembelajaran STAD, model pembelajaran Jigsaw, dan masih banyak lagi yang telah saya nagas dalam blog ini.

Semoga uraian mengenai Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif di atas bisa memberikan setetes manfaat. Amin

Bagaimana ? Apakah Anda sudah mendapat sedikit gambaran mengenai Apa yang di maksud dengan model pembelajaran kooperatif ? Jika Anda mempunyai pendapat lain mengenai pengertian model pembelajaran kooperatif, baik itu dari para ahli maupun dari pendapat pribadi, mari kita diskusikan dalam kotak komentar di bawah ini

Dengan memasukan alamat email Anda dibawah ini, berarti Anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.hayardin.com di inbox E-mail anda

Enter your email address:


Delivered by FeedBurner

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif"

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Artikel Dalam Blog www.hayardin.com

Silahkan Tinggalkan Komentar Karena Komentar Anda adalah inspirasi saya untuk membuat goresan dalam blog ini...

Saya akan sangat berterima kasih dan menghormati Anda jika tidak melakukan SPAM. Kritik dan saran yang membangun akan saya terima dengan senang hati...

Salam SUKSES !

Hayardin, S.Pd