Apa Itu Alexa Rank

Tutorial blog kali ini akan berbagi mengenai Apa itu Alexa Rank setelah pada postingan yang lalu telah berbagi mengenai Apa itu Google Pagerank. Bagaimana ? Apakah Anda sudah mendapat gambaran sedikit mengenai apa itu Google Pagerank ? Jika belum, Anda bisa kembali membaca postingan terdahulu pada blog ini mengenai Apa itu Google Pagerank sebelum kita lebih jauh sama-sama membahas mengenai Apa itu Alexa Rank.

Apa itu Alexa Rank ? Pertanyaan inilah yang sering sekali muncul bagi sahabat sahabat kita yang masih baru berjabat tangan dengan dunia blogging. Pertanyaan inipun sering sekali juga saya tanyakan ketika dulu masih awal awal juga mengenal dunia blogging. Karena rasa penasaran dan rasa ingin tahu yang terus mengusik, akhirnya jemari ini akhirnya googling untuk mencari informasi mengenai Alexa. Beruntung waktu itu saya langsung mendapat pencerahan dari Kang Rohman yang merupakan salah satu blogger terbaik Indonesia mengenai Apa itu Alexa Rank

Jika Anda googling di eyang google dengan kata kunci mengenai Apa itu Alexa Rank, saya yakin akan banyak hasilnya, oleh karena itu pada postingan yang sederhana ini saya akan mencoba mengutip definisi dari Alexa Rank yang saya ambil langsung dari alexa.com
The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and data obtained from other, diverse traffic data sources, and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis. The main Alexa traffic rank is based on a value derived from these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users). The three-month change is determined by comparing the site's current rank with its rank from three months ago. For example, on July 1, the three-month change would show the difference between the rank based on traffic during the first quarter of the year and the rank based on traffic during the second quarter.

Bagaimana ? Apakah Anda bisa mengerti dengan definisi diatas ? Berhubung karena  kemampuan Bahasa Inggris yang saya miliki sangat mengharukan, oleh karena itu saya mencoba copypaste definisi diatas ke google terjemahan dan hasil terjemahannya bisa kita lihat sama-sama di bawah ini
Lalu lintas peringkat didasarkan pada tiga bulan agregat lalu lintas data historis dari jutaan pengguna Toolbar Alexa dan data yang diperoleh dari lainnya, sumber lalu lintas data yang beragam, dan merupakan ukuran gabungan tampilan halaman dan pengguna (jangkauan). Sebagai langkah awal, Alexa menghitung jangkauan dan jumlah tampilan halaman untuk semua situs di Web setiap hari. Peringkat Alexa lalu lintas utama didasarkan pada nilai yang berasal dari kedua jumlah rata-rata dari waktu ke waktu (sehingga peringkat situs mencerminkan jumlah pengguna yang mengunjungi situs serta jumlah halaman di situs dilihat oleh para pengguna ). Perubahan tiga bulan ditentukan dengan membandingkan peringkat situs saat ini dengan peringkat dari tiga bulan lalu. Misalnya, pada tanggal 1 Juli, perubahan tiga bulan akan menunjukkan perbedaan antara peringkat berdasarkan lalu lintas selama kuartal pertama tahun ini dan peringkat berdasarkan lalu lintas selama kuartal kedua.

Definisi mengenai apa itu Alexa Rank yang dikemukakan oleh situs resmi alexa.com di atas tentunya sudah sangat akurat dan tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Sekarang giliran saya untuk  mengarang bebas mengenai Apa itu Alexa Rank. Berhubung Pihak situs Alexa sudah menjelaskan panjang lebar mengenai apa itu Alexa, maka saya hanya akan memberikan kesimpulan mengenai Apa itu Alexa Rank.

Setelah sekian lama jemari ini jalan jalan bersama eyang google akhirnya saya bisa menarik sebuah kesimpulan bahwa Alexa Rank itu adalah Rangking yang diberikan oleh Pihak Alexa kepada setiap pemilik blog atau website, dimana Rangking yang diberikan berdasarkan Jumlah Traffic atau pengunjung serta pageview  blog atau website tersebut. Rangking yang diberikan berbanding terbalik dengan Google Pagerank. Jadi semakin Kecil nilai Rangking Alexa maka semakin bagus Traffic blog atau website tersebut. Rangking Alexa terbaik sekarang dipegang oleh Google dengan Rangking 1, kemudian disusul oleh Facebook dengan Rangking 2.

Bagaimana dengan Blog atau website Anda ? Apakah sudah mendapatkan Alexa Rank yang memuaskan ? Jika belum, Anda bisa membaca kembali Postingan terdahulu dalam blog ini mengenai 7 Kunci Cara Meningkatkan Pengunjung blog dalam 7 Menit.
 
Semoga Goresan sederhana yang kuuntai kali ini mengenai Apa itu Alexa Rank dapat memberikan sedikit pencerahan. Terus ciptakan Postingan yang berkwalitas dari Jemari Anda untuk memajukan dunia blogging di Indonesia. Jika Alexa Rank Anda sudah mendapatkan Rangking yang memuaskan, jangan Lupa untuk kembali main main di blog yang pas-pasan ini. Saya tunggu kabar baik dari Anda !


Salam SUKSES !


Dengan memasukan alamat email Anda dibawah ini, berarti Anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.hayardin.com di inbox E-mail anda

Enter your email address:


Delivered by FeedBurner

Silahkan Masukkan Alamat Email Anda dibawah ini Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru dari www.hayardin.com di Inbox E-mail Anda :

6 Responses to "Apa Itu Alexa Rank"

  1. waj..rank saya belum memuaskan

    BalasHapus
  2. pokoknya alexa harus selangsing2nya.. :D

    BalasHapus
  3. Wah, ini dia yang dicari,, (ketara banget blogger newbi yang kuper) :D

    BalasHapus
  4. Hai sob, tukaran link yuk...?

    Title : Irvan kun blogz
    Url : http://irvanuzumaki.blogspot.com

    Ijin share gan..
    Bagi teman-teman semua jika ingin menemukan artikel menarik lainnya, silahkan kunjungi blog ku ya : Irvan kun blogz
    Aku tunggu kunjungan kalian .....

    Thanks ^^

    BalasHapus
  5. salam kenal kompak selalu sobat , sangat menarik tapi bagaimana cara memasang alexa rank di blog sob mohon penjelasan trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau memasang widget Alexa, Anda harus mengunjungi terlebih dahulu situs resmi alexa rank di Alexa.com, lakukan registrasi disana, setelah itu nanti akan ada kode yang diberikan. Copy kode tersebut dalam template blog Anda sebagai langkah konfirmasi alexa dengan blog Anda.Insya Allah tutorial selengkapnya akan saya bahas, jadi ditunggu saja tutorialnya.

      Hapus

Terimakasih Sudah Membaca Artikel Dalam Blog www.hayardin.com

Silahkan Tinggalkan Komentar Karena Komentar Anda adalah inspirasi saya untuk membuat goresan dalam blog ini...

Saya akan sangat berterima kasih dan menghormati Anda jika tidak melakukan SPAM. Kritik dan saran yang membangun akan saya terima dengan senang hati...

Salam SUKSES !

Hayardin, S.Pd