Apa Itu Google Penguin dan Bagaimana Algoritma Google Penguin

Tutorial Blog kali ini akan berbagi mengenai Apa Itu Google Penguin dan Bagaimana Algoritma Google Penguin setelah pada postingan yang lalu telah berbagi mengenai Apa Itu Google Panda dan Bagaimana Algoritma Google Panda

Bagaimana ? Apakah Blog Anda mendapat ciuman mesra dari Google Panda ataukah sebaliknya, Blog Anda mendapatkan Amukan dari Google Panda ? Algoritma Google Penguin yang yang saat ini di terapkan oleh google memang benar benar membuat sebagian besar blogger di Indonesia kelepek kelepek dan harus jungkir balik memperbaiki Optimasi Blognya. Oleh karena itu Tulisan ini hadir untuk Anda yang sedang mencari Informasi mengenai Apa Itu GooglePenguin dan Bagaimana Algoritma Google Penguin


Apa Itu Google Penguin dan Bagaimana Algoritma Google Penguin  ? Pertanyaan inilah yang membuatku stress tingkat tinggi setelah kemarin tanggal 24 April 2012 Google melakukan Update pada  Algoritmanya. 

Bagaimana tidak stress tingkat tinggi karena tiba tiba traffic saya langsung turun hingga 50%. Oleh karena itu beberapa bulan ini saya banyak membaca referensi mengenai google penguin, dan Alhamdulillah setelah tadi subuh sudah puas jalan jalan lagi bersama eyang google dan saya rasa referensinya   sudah cukup mengenai Google Penguin, akhirnya tulisan yang sederhana mengenai Apa Itu Google Penguin dan Bagaimana Algoritma Google Penguin berhasil saya tumpahkan dalam tulisan yang sederhana ini.



Bulan April Kemarin tepatnya tanggal 24, saya yakin banyak blogger yang merasakan GALAU ( Gelisah antara Lanjut atau Udahan Bloggingnya) tingkat tinggi. Bagaimana tidak, pada tanggal 24 April 2012 kemarin, google melakukan update besar besaran, dimana  setelah menerapkan Google Panda, google kembali menerapkan yang namanya Google Penguin untuk menghukum dan memenggal leher para website atau situs SPAM ( Webspam ). 

Tidak hanya sampai disitu penderitaan bagi pemilik blog atau situs SPAM, beberapa hari kemudian tepatnya pada awal bulan Mei 2012 , tiba tiba Google melakukan Update Pagerank lagi  sehingga banyak Pemilik blog atau situs yang PR nya turun. Lengkap Sudah Penderitaan para Pemilik Webspam.


Mengapa Algoritma Google Penguin di hadirkan oleh Google ? Mungkin inilah pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh sahabat blogger. Algoritma google penguin sengaja google luncurkan untuk membekuk para blogger yang banyak melakukan SPAM. 

Ada beberapa Hal yang sangat di benci oleh Google Penguin, diantaranya :



  1. Over Optimasi SEO
Berbicara mengenai Optimasi, saya langsung teringat dengan Kontes SEO Yamaha yang menggunakan Keyword Motor matic injeksiharga murah. Saya yakin banyak yang melakukan black hat SEO sepeti menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan backlink. Di era penguin saya yakin yang melakukan black hat SEO akan mendapat cubitan dari penguin.
Jadi sebisa mungkin gunakanlah white hat SEO. Salah satu tipsnya jika mengikuti lomba Kontes SEO Yamaha yang bisa digunakan dalam mengoptimasi postingan adalah setelah hari ini Anda Publish Postingan mengenai Motor matic Injeksi irit harga murah, maka usahakan besok atau Lusa Postinglah tulisan yang mendukung Postingan terdahulu Anda mengenai motor matic injeksi harga murah, Apakah itu mengenai Kelebihan atau Kekurangan Motor Matic, pokoknya yang nyerempet nyerempet gitu deh dengan postingan terdahulu Anda. Alasan saya kuat mengapa saya berani katakan ini.
Mengapa ? Karena salah satu algoritma penguin adalah dia sangat  menyukai konten yang fresh atau yang update, jadi penguin akan menganggap Postingan Anda  hari ini itulah yang memperkuat postingan pertama Anda mengenai motor matic injeksi irit harga murah.
  1. Penguin sangat membenci Duplikat Konten
Duplicat konten bisa terjadi karena ada seseorang yang melakukan copy paste artikel Anda, oleh karena itu penguin dan Panda dihadirkan untuk memberantas blog atau situs yang isinya hanya hasil copy paste
  1. Jangan coba coba menasukan Virus, Trojan dan sepupu sepupunya dalam Blog Anda
Hal ini sangat dibenci oleh penguin. Tapi bagaimana virus bisa masuk kedalam blog kita ? Good pertanyaan yang sangat super. Menurut pengalaman pribadi, pernah ada sahabat blogger menanyakan mengapa setiap kali mengunjungi blog saya yang pas pasan ini selalu ada peringatan bahwa ada virus dalam blog ini.
Hmm,,setelah jungkir balik sana sini, menggeledah template dan widget widget yang terpasang akhirnya saya menemukan penyebabnya. Ternyata virus tersebut berasal dari script yang saya pasang pada widget blog ini, setelah widget tersebut saya hapus,jenjeenggg,,,Musnah sudah virus itu...


Lalu Bagaimana Algoritma Google Penguin dalam Menilai Kwalitas sebuah blog atau situs ?
Apa yaa,,,Tunggu dulu saya berfikir sejenak ?????

Ahaa...ketemu deh jawabannya,,,,Coba cari aja di google pasti Anda akan menemukan jawabannya..hehehe

Ada 2 Variabel yang sangat ditekankan di era Google Penguin ini, yaitu Penilaian Keyword Stuffing ( trik kata kunci )  dan Link Scheme  ( Skema Link )



  1. Keyword Stuffing ( trik kata kunci )
Dalam membuat sebuah postingan pasti ada keyword yang kita terget. Nah di era google penguin, hati hatilah dalam menyebar keyword di badan postingan Anda, jangan sampai penguin menganggap Anda melakukan SPAM.
Sebaiknya letakkan keyword yang Anda target di awal paragraf pertama dan kedua, dan jangan lupa meletakkannya  keyword yang Anda tembak  pada akhir paragraf. Untuk info selengkapnya mengenai Tips meletakkan keyword dapat Anda baca pada postingan terdahulu dalam blog ini mengenai 6 Unsur Penting SEO On page pada Blog  atau Apa sebenarnya Rahasia Master SEO
  1. Link Scheme  ( Skema Link )
Buanyaak yang termasuk Skema Link diantaranya adalah (internal link, outbound link, kerapatan link (link density), relevansi link (relevancy link), struktur link, letak link, link juice, kualitas link, kuantitas link, Waduuh pokoknya Berabe deh kalau saya jelaskan semuanya...Jika Penasaran mengenai Link Skema Anda bisa kembali membaca postingan terdahulu dalam blog ini menganai 10 Rahasia Search Engine Untuk Menguasai Halaman Pertama Google.
Tapi intinya di era Penguin ini , google lebih menekankan pada Kwalitas Link atau backlink yang terdapat dalam sebuah blog. Jadi mulai sekarang usahakan mencari backlink yang seniche atau sejenis dengan blog Anda. Backlink yang berkwalitas bisa dilihat dari kwalitas Konten dan  Tingginya Traffic dari backlink blog atau situs tersebut.


Bagaimana dengan Blog atau website Anda ? Apakah Traffic atau PR Anda naik atau Turun ? Jika blog atau website kesayangan Anda mengalami penurunan Traffic atau Pagerank,, Laa Tahzan, Anda jangan bersedih. 

Segera melakukan Optimasi yang dihalalkan oleh google, saya yakin Anda pasti bisa !  Oleh karena itu postingan mengenai  Apa Itu Google Penguin dan Bagaimana Algoritma Google Penguin hadir untuk berbagi kepada Anda yang sedang Galau karena cubitan dari Penguin. 

Tetap ciptakan Karya terindah melalui postingan postingan dalam blog kesayangan Anda untuk memajukan dunia blogging di Indonesia. Saya tunggu Karya terindah Anda !
Salam SUKSES ! 

Dengan memasukan alamat email Anda dibawah ini, berarti Anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.hayardin.com di inbox E-mail anda

Enter your email address:


Delivered by FeedBurner

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Apa Itu Google Penguin dan Bagaimana Algoritma Google Penguin"

  1. lengkap sekali penjelasannya
    terima kasih mas bro

    BalasHapus

Terimakasih Sudah Membaca Artikel Dalam Blog www.hayardin.com

Silahkan Tinggalkan Komentar Karena Komentar Anda adalah inspirasi saya untuk membuat goresan dalam blog ini...

Saya akan sangat berterima kasih dan menghormati Anda jika tidak melakukan SPAM. Kritik dan saran yang membangun akan saya terima dengan senang hati...

Salam SUKSES !

Hayardin, S.Pd