Begini Pengertian dan 5 Langkah Mudah Model Pembelajaran PBI ( Problem Based Introduction ) !

Model Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe PBI
( Problem Based Introduction )


Pada postingan yang lalu HAYARDIN.COM telah berbagi mengenai salah satu model pembelajaran Kooperatif yaitu Model Pembelajaran Examples Non Examples . Pada postingan kali ini saya akan berbagi mengenai Model Pembelajaran PBI ( Problem Based Introduction )
Model Pembelajaran PBI ( Problem Based Introduction )
Model Pembelajaran PBI ( Problem Based Introduction ) adalah suatu tipe Model pembelajaran Problem Based Learning . Model pembelajaran ini memusatkan pada masalah kehidupannya yang bermakna bagi murid, peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi penyelidikan dibidang dialog (Komalasari: 2010).

Langkah langkah model pembelajaran PBI ( Problem Based Introduction ) menurut (Komalasari: 2010: ) adalah sebagai berikut :
  1. Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
  2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dan lain-lain.)
  3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
  4. Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
  5. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan


Demikian Pengertian Model Pembelajaran PBI dan langkah-langkah model pembelajaran PBI ( Problem Based Introduction ) . Kelebihan dan kekurangan Model pembelajaran PBI ( Problem Based Introduction ) akan saya posting pada pada postingan berikutnya. Semoga bermanfaat...

Daftar pustaka
Komalasari Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama


Posting Komentar untuk "Begini Pengertian dan 5 Langkah Mudah Model Pembelajaran PBI ( Problem Based Introduction ) !"