Inilah 2 Ayat Al-Qur'an dan Hadits Tentang Bersyukur !

Bismillah, Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

HAYARDIN.COM kali ini akan berbagi Artikel mengenai Ayat Al-Qur'an Tentang Bersyukur dan juga Hadits tentang bersyukur setelah pada postingan yang lalu telah berbagi mengenai Makna Semangka Merah Sebagai Simbol Dukungan Untuk Palestina

Ayat Al-Qur'an Tentang Bersyukur


Banyak manusia cenderung lebih fokus kepada apa yang tidak mereka miliki, ketimbang mensyukuri berbagai macam hal yang sudah mereka miliki. Ibnu Az Zubair pernah mengatakan, “Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Nabi S.A.W bersabda: Seandainya manusia diberi lembah penuh dengan emas, maka ia masih menginginkan lembah yang kedua semisal itu. Jika diberi lembah kedua, ia pun masih menginginkan lembah ketiga. Perut manusia tidaklah akan penuh melainkan dengan tanah. Allah tentu menerima taubat bagi siapa saja yang bertaubat” (HR. Bukhari).

Andai saja manusia pandai bersyukur, niscaya itu akan membahagiakan hatinya. Membuat dirinya selalu puas dan ridha dengan pemberian dan karunia dari Allah S.W.T. Seberapapun karunia yang Allah berikan, selalu disyukuri dengan sepenuh hati. Nabi S.A.W bersabda, “Barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak” (HR. Imam Ahmad).

Pada kenyataannya, manusia tidak akan bahagia ketika mereka selalu fokus kepada apa yang tidak mereka miliki. Bahagia itu adalah ketika pandai bersyukur atas setiap nikmat dan anugrah yang Allah S.W.T. berikan kepada kita. Manusia selalu menderita ketika mereka mengkesali hal-hal yang tidak mereka miliki, atau menghendaki apa yang bukan milik mereka. Allah S.W.T sudah memperingatkan kepada kita semua dalam Al-Qur'an untuk selalu bersyukur sebagaimana Firman Allah S.W.T yang Artinya:" Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku," ( Q.S. Al-Baqarah: 152)

Sangat banyak nikmat Allah, namun mereka tidak mensyukurinya. Sedangkan hal-hal yang belum Allah berikan kepada mereka, selalu mereka ingat dan mereka gugat. Ini yang membuat manusia tidak bahagia, dan justru menderita.

Bisa jadi hal-hal yang belum ia miliki, karena ditunda pemberian oleh-Nya, atau karena dalam hal yang tidak diberikan tersebut ada keburukan yang Allah ingin hindarkan dari dirinya.

Sayang manusia terus menerus terobsesi untuk hal-hal yang tidak mereka miliki, dengan mengabaikan dan tidak mensyukuri hal-hal yang sudah mereka miliki. Sesungguhnyalah nikmat Allah yang diberikan kepada manusia tidak terhingga, tidak bisa kita menghitungnya. Sebagaimana firman Allah Ta’ala: “Dan Dia telah memberimu (keperluanmu) dari segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghitungnya". (QS. Ibrahim : 34 )

Semoga bermanfaat, Silahkan Share atau Bagikan Artikel ini ke teman-teman terbaik Anda agar kita semuanya bisa hidup sepenuh syukur dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

✍🏻 Sumber :

@pesanpositifharian

Group WA P3K Guru 2022 @Yuliana

Ayo sholat Subuh jamaah di Masjid lanjut do'akan orang tua dan keluarga, do'akan sesama muslim.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Posting Komentar untuk "Inilah 2 Ayat Al-Qur'an dan Hadits Tentang Bersyukur ! "