Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Model Pembelajaran kali ini akan membahas mengenai Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Model Pembelajaran Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran Kooperatif yang terdiri atas beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas pengusaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya

Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw akan membuat setiap murid akan lebih aktif saat proses pembelajaran berlangsung karena dengan menggunakan model pembelajaran ini setiap murid akan mengkaji sub materi yang diberikan oleh gurunya dalam kelompok asalnya. Setelah masing masing kelompok Asal berdiskusi dan mengkaji materi masing masing, selanjutnya murid akan berdiskusi dengan kelompok Ahli.

Jadi dalam menerapkan Model Pembelajaran Jigsaw, nantinya akan ada 2 jenis kelompok yaitu

1. Kelompok Asal


Setelah guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai, selanjutnya guru akan meminta murid membentuk kelompok yang terdiri 4-5 orang murid yang heterogen. Kelompok ini kemudian disebut sebagai kelompok Asal. Setelah kelompok asal terbentuk guru membagi tugas kepada tiap murid dalam tiap-tiap kelompok asal.

Misalnya Materi pelajaran yang dibahas mengenai Bagian tubuh tumbuhan, maka tiap tiap murid dalam kelompok asal mendapatkan tugas yang berbeda beda seperti si A membahas mengenai Akar, si B membahas mengenai Batang, si C membahas mengenai Daun

2. Kelompok Ahli


Setelah Diskusi dalam kelompok Asal selesai, selanjutnya dilanjutkan diskusi kelompok Ahli. Tiap tiap murid yang membahas materi yang sama dari kelompok yang berbeda bergabung atau membentuk kelompok baru.

Misalnya si A dari kelompok I yang membahas mengenai Akar bergabung dengan si A dari kelompok II yang membahas mengenai Akar juga. Kelompok ini kemudian disebut sebagai kelompok Ahli.

Setelah diskusi dalam kelompok Ahli selesai, masing masing murid kembali ke kelompok asalnya untuk menjelaskan apa yang telah mereka diskusikan dalam kelompok Ahli tadi.


Dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pembelajaran terfokus pada student Center bukan pada Teacher Center karena guru hanya mengontrol jalannya diskusi dan murid akan jauh lebih aktif ketika proses pembelajaran berlangsung.

Bagi Anda yang berprofesi sebagai Guru Insya Allah Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw tidak akan sulit diterapkan Jika Anda mau belajar dan terus belajar mengenai Model Pembelajaran Kooperatif. Anda bisa melihat postingan sebelumnya dalam blog ini mengenai Pengertian Model Pembelajaran kooperatif dan Langkah langkah model pembelajaran kooperatif

Bagi Anda yang masih jungkir balik hingga GALAU tingkat tinggi dalam Proses Penyelesaian Skripsi, tetap semangat, Yakinlah sebuah titik terang menanti Anda di depan sana. Semoga postingan sederhana ini bisa memberikan setetes manfaat

Bagaimana ? Apakah Anda sudah mendapat sedikit gambaran umum mengenai langkah langkah yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran jika menggunakan model pembelajaran Jigsaw ?

Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Insya Allah akan saya Ulas lebih lengkap lagi pada postingan berikutnya. Jadi ditunggu yaa Update Artikelnya.

Happy Blogging dan salam SUKSES !

Posting Komentar untuk "Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw"