Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw Menurut Para Ahli

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw menurut para Ahli merupakan salah satu unsur yang wajib Anda cantumkan dalam Skripsi jika Anda menyusun PTK dengan memilih Model Pembelajaran Jigsaw ketika melakukan Penelitian di dalam Kelas. Unsur ke dua yang sering Dosen Pembimbing minta untuk dicantumkan adalah pengertian model pembelajaran kooperatif dan langkah langkah model pembelajaran kooperatif. Kalau Unsur yang ke dua ini tergantung dari dosen pembimbingnya, kalau dosen pembimbing saya dulu malah bilang tidak usah mencantumkan Unsur yang ke dua itu.

Sekarang kita kembali ke masalah Model Pembelajaran Jigsaw. Teknik mengajar Jigsaw dikembangkan oleh Aronson et al. sebagai metode Cooperative Learning. Teknik ini bisa digunakan dalam pengajaran membaca, menulis, mendengarkan, ataupun berbicara. Teknik ini menggabungkan kegiatan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Untuk melihat gambaran umum mengenai Jigsaw, Anda bisa melihat postingan sebelumnya mengenai Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Jika Anda mencari referensi di Internet mengenai Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw, maka akan banyak sekali hasil yang muncul sehingga terkadang kita bingung mau mengambil yang mana. Tapi sekarang Anda tidak perlu bingung lagi karena Anda sudah berada di tempat yang tepat. Yaa Hayardin Blog merupakan salah satu tempat yang banyak membahas mengenai Model Pembelajaran Kooperatif


Di bawah ini beberapa Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw Menurut Para Ahli

Slavin (Syarifuddin, 2009:12) mengemukakan bahwa “Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri atas beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas pengusaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya”

Pendapat yang hampir sama juga dikemukakan oleh Budiarti (Syarifuddin, 2009:12) Yang menjelaskan bahwa


Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif, dengan murid belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang secara heterogen dan bekerjasama saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain.

Bertitik tolak dari ke dua pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Jigsaw merupakan salah satu model Pembelajaran kooperatif yang terdiri dari Kelompok Asal dan Kelompok Ahli dimana tiap kelompok terdiri dari 4-6 orang murid yang heterogen yang mempunyai tugas berbeda beda dalam kelompok Asal.

Bagaimana ? Apa Anda sudah mendapat sedikit gambaran mengenai Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw ? Atau mungkin Anda mempunyai pendapat sendiri mengenai Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw ini ?

Bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang guru yang sudah terbiasa menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw mungkin Anda bisa berbagi pengalaman lewat kotak komentar di bawah ini, baik itu kelemahan model pembelajaran jigsaw maupun kelebihan model pembelajaran Jigsaw.

Insya Allah pada postingan selanjutnya saya akan membahas lagi mengenai Langkah langkah Model Pembelajaran Jigsaw. Jadi ditunggu yaa Update Artikel Model Pembelajarannya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw Menurut Para Ahli"