Inilah Makna Semangka Merah Sebagai Simbol Dukungan Untuk Palestina

Bismillah, Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

HAYARDIN.COM kali ini akan berbagi Artikel mengenai makna dibalik semangka merah yang menjadi simbol dukungan untuk Palestina. Maraknya pengguna media sosial yang menggunakan emoji semangka sebagai bentuk dukungan kepada Palestina ditengah konflik perang antara Israel dan Palestina yang kian memanas membuat jemari penulis untuk merepost, share dan berbagi artikel mengenai makna dibalik semangka merah yang menjadi simbol dukungan untuk Palestina.

Pemerintah Israel melarang adanya pengibaran bendera Palestina di perbatasan untuk membatasi adanya nasionalisme antara Palestina dan Arab. Larangan itu rupanya berlangsung hingga tahun 1993. Masa itu, Perjanjian Oslo melonggarkan pembatasan terhadap warga Palestina di Israel.Dimasa perang dan perjanjian inilah, buah semangka kemudian menjadi sebuah simbol protes atau simbol perlawanan.

Mengapa Buah Semangka menjadi pilihan dan bukan buah-buahan yang lain ? Alasannya adalaha karena buah semangka memiliki warna merah cerah dengan kulit berwarna hijau putih dan bintik hitam yang dimana mengandung semua unsur warna dari bendera Palestina.

Buah semangka inipun disediakan selama masa demonstrasi menentang penduduk Israel di daerah tepi Barat dan Gaza. Para demonstran membawa semangka sebagai pengganti bendera.

Kini, ditengah konflik perang antara Israel dan Palestina yang kian memanas, pengguna media sosial kompak menggunakan emoji semangka sebagai bentuk dukungan kepada Palestina.

Makna Semangka Merah Sebagai Simbol Dukungan Untuk Palestina

Inilah Makna dibalik Semangka Merah Yang Menjadi Simbol Dukungan untuk Palestina

Ada sejumlah alasan kenapa gambar semangka kini ramai digunakan warganet sebagai simbol dukungan untuk Palestina. Berikut di antaranya:

  1. Gambar semangka dipakai untuk menghindari shadow banned di media sosial. Ini untuk menyamarkan konten dukungan tanpa mengurangi maksud dan tujuan utamanya, yakni menyuarakan dukungan untuk Palestina.
  2. Warna potongan buah semangka sama dengan warna bendera Palestina. Seperti dilihat dalam berbagai gambar yang berseliweran di media sosial, warna merah, hijau, putih dan hitam pada semangka sama dengan bendera Palestina. Hal ini membuat semangka populer digunakan sebagai pengganti bendera Palestina.
  3. Buah semangka merupakan salah satu buah yang tumbuh dan populer berasal dari Palestina. Semangka tumbuh diseluruh Palestina mulai dari Jenin hingga Gaza.

Karna alasan itulah semangka akhirnya menjadi simbol untuk mendukung Palestina. Simbol semangka ini pun sebenarnya telah digunakan sejak lama seiring dengan konflik Palestina-Israel yang memang sudah terjadi selama bertahun-tahun.

Menurut laman Time, penggunaan simbol semangka ini dimulai setelah Perang Enam Hari pada 1967 silam, tepatnya setelah Israel menguasai Tepi Barat, Gaza, dan Yerusalem Timur. Saat itu, pemerintah Israel menganggap bahwa pengibaran bendera Palestina di Tepi Barat dan Gaza adalah sebuah tindakan kriminal.

Tak hanya pengibaran bendera, Israel juga melarang siapa pun melukis atau menggambar bendera Palestina. Bahkan, warna-warna yang mewakili bendera negara tersebut juga dilarang.

Lantaran adanya larangan inilah warga Palestina akhirnya menggunakan semangka sebagai simbol identitas mereka. Pasalnya potongan buah tersebut memang mirip dengan bendera nasional mereka.

Sumber :

intipseleb.com dan Facebook : @Beritaviral24jm

Posting Komentar untuk "Inilah Makna Semangka Merah Sebagai Simbol Dukungan Untuk Palestina"