Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran

Alhamdulillah... Akhirnya hari ini Usulan Judul Penelitian saya telah disetujui oleh Dosen Pembimbing saya...huft...Meskipun harus naik turun gedung fakultas dari lantai 1 ke lantai 3, menunggu dosen hingga selesai rapat sampai berjam-jam, sampai-sampai lupa makan siang..,Namun semuanya terbayarkan dengan disetujuinya Usulan Judul Penelitian saya.
Woooiii...Curhat yaa...??? Tidak bang..,lagi Ngomong ma tembok ini...

Pada postingan yang lalu saya telah membahas mengenai Pembelajaran Kontekstual,jika sobat belum membacanya,sobat bisa membaca Lagi Pengertian Belajar dan Pembelajaran Kontekstual

Pada Postingan Kali ini saya akan berbagi dengan sahabat blogger dan melanjutkan postingan yang lalu yaitu mengenai Model Pembelajaran Kontekstual,Topik ini sengaja saya angkat karena Usulan Judul Penelitian yang telah disetujui oleh Dosen pembimbing saya yaitu Peningkatkan Hasil Belajar Murid  Melalui Model Pembelajaran Scramble Pada Murid Kelas V SD Inpres Perumnas II Makassar yang merupakan salah satu Model Pembelajaran Kontekstual.

Mungkin sebelum saya lebih jauh membahas Model Pembelajaran Kontekstual,mungkin ada baiknya kita bersama-sama pahami dulu antara Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran.

Jika Anda yang berprofesi sebagai guru mungkin sudah tahu mengenai semua itu, namun jika ada yang mungkin masih bingung membedakannya,kita saksikan saja bersama-sama di TKP

( Komalasari, 2010 ) didalam bukunya mengatakan bahwa Pendekatan Pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum. Didalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu.

Dari Pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan kedalam strategi pembelajaran, Kemp ( Sanjaya, 2008 ) mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien


Strategi merupakan “ a plan of operation achieving something “ sedangkan metode adalah “a way in achieving sometning “ ( Senjaya: 2008 ).Jadi Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.


Dari Strategi kemudian dijabarkan kedalam teknik dan gaya pembelajaran.Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik sedangkan taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual ( Komalasari, 2010 )


Apabila antara pendekatan, strategi, metode, teknik, dan bahkan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran ( Komalasari, 2010 )
 

Bagaimana, Apakah Anda Sudah Mendapat Sedikit Gambaran Mengenai Apa Itu Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran ?

Disana gunung, disini Gunung, Ditengah-tengahnya Pulau Sulawesi, penulisnya bingung, pembacanya juga lebih bingung,yang penting bisa berbagi Sampai Bertemu Lagi Pada Postingan Berikutnya.
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran"

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Artikel Dalam Blog www.hayardin.com

Silahkan Tinggalkan Komentar Karena Komentar Anda adalah inspirasi saya untuk membuat goresan dalam blog ini...

Saya akan sangat berterima kasih dan menghormati Anda jika tidak melakukan SPAM. Kritik dan saran yang membangun akan saya terima dengan senang hati...

Salam SUKSES !

Hayardin, S.Pd