Inilah Pengertian Lengkap Model Pembelajaran Problem Based Learning !

Model Pembelajaran Problem Based Learning
( Pembelajaran Berbasis Masalah )

Pada postingan yang lalu saya telah berbagi mengenai Model Pembelajaran Role Playing . Pada postingan kali ini saya akan berbagi mengenai Model Pembelajaran Problem Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Masalah 

Model Pembelajaran Problem Based Learning adalah salah satu Model pembelajaran kontekstual seperti halnya model pembelajaran kooperatif. 

Strategi pembelajaran menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi murid untuk belajar tentang berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari mata pelajaran.Dalam hal ini murid terlibat dalam penyelidikan untuk pemecahan masalah yang mengintegrasikan keterampilan dan konsep dari berbagai isi materi pelajaran. Strategi ini mencakup pengumpulan informasi berkaitan dengan pertanyaan, menyintesa, dan mempresentasikan penemuannya kepada orang lain. Komalasari (Depdiknas, 2003: 4)

Komalasari ( Bern dan Erickson 2001 : 5 ) menjelaskan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning atau Pembelajaran berbasis masalah merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memecahkan masalah dengan mengintegrasikan berbagai konsep dan keterampilan dari berbagai disiplin Ilmu 

Salah satu model pembelajaran berbasis masalah adalah Model Pembelajaran PBI atau Problel Based Introduction , penjelasan mengenai Model Pembelajaran PBI sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya, jika ingin melihat postingan sebelumnya mengenai apa yang dimaksud dengan model pembelajaran PBI bisa buka postingan sebelumnya ( Baca : Model Pembelajaran PBI )

Daftar pustaka
Komalasari Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama


Posting Komentar untuk "Inilah Pengertian Lengkap Model Pembelajaran Problem Based Learning !"