Apa Itu Google Sitelink

Tutorial blog kali ini akan berbagi mengenai Apa Itu Google Sitelink setelah pada postingan yang lalu telah berbagi mengenai Apa itu google penguin dan bagaimana algoritma google penguin. Bagaimana ? Apakan blog Anda Traffic blog Anda meningkat atau menurun setelah google melakukan update algoritma google penguinnya pada bulan April yang lalu ?

Jika traffic blog Anda meningkat itu berarti blog Anda telah mendapat ciuman mesra dari google penguin, namun jika trafic Anda tiba-tiba menurun hingga 50%, Anda bisa kembali membaca postingan terdahulu dalam blog ini mengenai Apa itu google penguin dan bagaimana algoritma google penguin sebelum melanjutkan membaca postingan mengenai  Apa Itu Google Sitelink

Apa Itu Google Sitelink ? Ya...inilah pertanyaan yang selalu membuat jemariku selama ini untuk selalu menari nari diatas keyboard komputerku yang telah lapuk dimakan usia. Beruntung eyang google tak pernah henti hentinya bosan untuk  menemaniku jalan jalan untuk mengais informasi sedikit demi sedikit mengenai Apa itu sitelink.

Setelah berjuang selama berabad abad, mengumpulkan materi, merangkai kata seindah mungkin sehingga para Pujanggapun akan kelepek kelepek jika membaca tulisan saya ini.ckckckc. Hingga pada akhirnya postingan inipun jadi dan berhasil saya tumpahkan dalam blog yang pas pasan ini mengenai Apa Itu Google Sitelink

Awal mengenal dunia blogging, saya sama sekali tidak mengetahui apa itu sitelink. Yaa,, saya sama dengan Anda yang mungkin baru berjabat tangan dengan dunia blogging. Saat saat pertama belajar blogging, Saya hanya merasa kagum jika mengetikkan nama nama blogger ternama di Indonesia seperti Kang Rohman dan Kang Oom pada mesin pencari google. Mengapa saya Kagum ? Jawabannya adalah karena jika saya mengetikkan nama seperti Kang Rohman atau O-om di mesin pencari google, maka akan keluar Link yang berjejer dibawah link utama blog beliau.

Keesokan harinya saya jalan jalan disalah satu sahabat blogger yang termasuk tinggi trafficnya. Di salah satu postingannya sayapun menemukan pembahasan mengenai Apa itu sitelink dan dia juga mencantumkan screenshoot contoh yang termasuk sitelink.sayapun langsung teringat dengan blognya kang Rohman kemarin. Hati kecilkupun berkata,hmm ternyata ini toh yang dibilang sitelink.

Apakah Anda sudah pernah melihat sitelink suatu blog atau website ? Jika belum pernah saya akan berikan contoh screenshootnya nanti karena Alhamdulillah website yang saya kelola  telah mendapat hadiah terindah dari eyang google berupa Sitelink.

Kemarin saya iseng iseng mengetikkan keyword “pulsamurahmu.com” ( tanpa tanda petik )  di mesin pencari google dan Alhamdulillah website yang saya kelola telah mendapatkan sitelink . Di bawah ini gambar screenshoot sitelinnya

contoh sitelink

Sebelum saya mengarang bebas mengenai Apa itu sitelink, ada baiknya kita sama sama dulu memahami Pengertian sitelink dari webmaster tools. Dibawah ini kutipan langsung dari sumber terpercayanya


Sitelinks are links to a site's interior pages. Not all sites have sitelinks. Google generates these links automatically, but you can remove sitelinks you don't want.
Sitelinks are completely automated, and we show them only if we think they'll be useful to the user. If your site's structure doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks are relevant to the user's query, we won't show them. However, we are always working to improve how we find and display sitelinks.

Apa Anda mengerti apa yang saya tulis dari kutipan webmaster di atas ? Bagi Anda yang jago bahasa Inggris pasti sudah paham kan ? apalagi kalau yang di bilang Rahmat Sudirja, hmm makanan sehari harinyaji kalau Bahasa Inggris. Ups.. keluar deh logat Makassarnya.

Jago bahasa Inggrisnya ini anak satu. Kalau dibandingkan kemampuan bahasa Inggrisku bagaikan langit dan bumi kasian. Inimi salah satu sahabat terbaikku, Rahmat Sudirja, tapi Dj Jago bede nama kerennya. Tapi jago memang ini anak satu dengan Ilmu sotta sottanya. Buktinya berhasilmi buat blog yang beralamat mamutportal.blogspot.com. Kerenmi blognya. Inimi kayaknya salah satu kandidat terkuat sebagai  calon Master SEO 2013  setelah saya.hehehe. Dunia Khayaaal....

Itu tadi bagi Anda yang sudah pintar bahasa Inggrisnya pasti sudah mengerti kutipan di atas mengenai apa itu sitelink,  tapi bagi saya yang masih belepotan Bahasa Inggrisnya yang hanya tahu Yes No Yes No saja pasti pelarian saya hanya satu. Yaa.. Google Terjemahan.hehehe...Setelah kutipan di atas saya copy paste di google terjemahan, artinyapun keluar seperti dibawah ini.

Sitelinks adalah link ke halaman interior sebuah situs. Tidak semua situs memiliki sitelinks. Google menghasilkan link tersebut secara otomatis, tetapi Anda dapat menghapus sitelinks Anda yang tidak diinginkan muncul.

Sitelinks adalah sepenuhnya otomatis, dan kita menunjukkan kepada mereka hanya jika kita berpikir mereka akan berguna bagi pengguna. Jika struktur situs Anda tidak mengijinkan algoritma kami menemukan tautan situs yang baik, atau kita tidak berpikir bahwa sitelinks relevan dengan permintaan pengguna, kami tidak akan menunjukkan kepada mereka. Namun, kami selalu berupaya untuk meningkatkan bagaimana kita menemukan dan menampilkan tautan situs.

Webmaster sudah menjelaskan secara panjang lebar mengenai Apa itu sitelink, sekarang giliran saya untuk mengarang bebas dan memberi kesimpulan dari apa yang diuraikan oleh webmaster di atas.

Setelah menelaah ungkapan webmaster di atas dan membaca beberapa sumber bersama eyang google serta memperhatikan sitelink hayardin blog yang telah diberikan oleh google beberapa hari ini , maka dapat saya simpulkan bahwa sitelink merupakan link link atau postingan yang termasuk entri populer yang sifatnya dinamis dalam sebuah blog atau website  yang akan muncul secara otomatis dibagian bawah blog atau website tersebut yang  berjejer kekanan atau menjorok kedalam ( 2 kolom dan 3 baris, jumlah baris bisa berubah tergantung kwalitas blog ) apabila blog atau website tersebut memenuhi algoritma google setelah mengetikkan keyword tertentu di mesin pencari google.

Pantas selama kuliah saya selalu mendapat nilai A pada mata kuliah Bahasa Indonesia, itu buktinya diatas, saya dapat mengarang bebas. Hmm,,kira kira ngawur ngaa yaa kesimpulan saya di atas mengenai apai itu google sitelink..Supaya Anda tidak mengatakan saya ngawur, coba perhatikan kata dinamis pada karangan di atas. Mengapa saya katakan dinamis ? Jawabannya adalah karena sitelink yang diberikan oleh google pada sebuah blog atau website itu kadang berubah (dinamis ) atau tidak statis. Contohnya bisa Anda lihat pada screenshoot sitelink di bawah ini

Apa Itu Google Sitelink


Perhatikan screenshoot di atas ! Gambar screenshoot sitelink di atas adalah gambar sitelink yang saya ambil beberapa hari setelah saya mengetahui kalau blog ini mendapatkan sitelink dari google.

Mengapa Google Memberikan Sitelink Pada Blog atau Website dan Mengapa Memiliki Sitelink Itu dianggap Penting baik dimata google maupun di mata para blogger ?

Yaa..pertanyaan pertanyaan  inilah yang gentayangan di fikiran saya selama ini sehingga memaksaku untuk jungkir balik, salto belakang dan salto depan bersama eyang google. Google memberikan sitelink pada blog atau website apabila blog atau website tersebut memang benar benar terpercaya di mata google. Untuk mendapat kepercayaan dari eyang google Anda harus melakukan Optimasi pada blog Anda seperti melakukan optimasi SEO On page dan SEO Off page pada blog. Untuk lebih jauh memahami SEO On page, Anda bisa kembali membaca postingan terdahulu dalam blog ini mengenai 6 Unsur Penting SEO On page pada Blog. Untuk melakukan optomasi pada Off page blog, Anda bisa juga kembali membaca postingan terdahulu dalam blog ini mengenai 5 Tips SEO Off page pada blog

Dimata para blogger, mendapatkan Sitelink merupakan kebanggaan tersendiri. Sama halnya dengan Pagerank, dimata para blogger mendapat pagerank merupakan hal yang terindah, begitupun dengan Sitelink. Mendapatkan Pagerank dan Sitelink kadang membuat blogger guling guling karena bahagia. Mendapatkan Google Sitelink merupakan gengsi tersendiri bagi para blogger karena hanya blog atau website yang mendapatkan kepercayaan dari eyang google yang akan mendapatkan hadiah sitelink, jadi Selamat buat Anda yang juga telah berhasil mendapatkan sitelink dari google

Bagaimana ? Apakah Anda sudah mendapat sedikit gambaran mengenai Apa Itu Google Sitelink. Jika sudah mendapat gambaran mengenai apa itu sitelink Alhamdulillah. Jika Anda bertanya mengenai Bagaimana Cara untuk mendapatkan Google Sitelink, Insya Allah saya akan posting pada postingan berikutnya. Terus ciptakan Karya terbesar Anda melalui postingan postingan yang berkwalitas dalam blog kesayangan Anda untuk memajukan dunia blogging di Indonesia. Saya tunggu karya terbesar Anda !

Salam SUKSES ! 

Dengan memasukan alamat email Anda dibawah ini, berarti Anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.hayardin.com di inbox E-mail anda

Enter your email address:


Delivered by FeedBurner

Silahkan Masukkan Alamat Email Anda dibawah ini Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru dari www.hayardin.com di Inbox E-mail Anda :

5 Responses to "Apa Itu Google Sitelink"

  1. keren ya kalo udah bisa dapet site link.. itu umur blog juga berpengaruh ya??

    BalasHapus
  2. ya bener keren banget,,
    salam kenal ya gan

    BalasHapus
  3. ada-ada saja orang ini.. -_________-'

    BalasHapus
  4. @sahabat gopar : Kalau umur blog sebenarnya tidak terlalu berpengaruh,karena blog ini baru saya optimasi selama 3 bulan dan berhasil mendapatkan sitelink dari google.jadi intinya berada pada bagaimana Anda melakukan optimasi yang sehat jika ingin mendapatkan sitelink...

    BalasHapus

Terimakasih Sudah Membaca Artikel Dalam Blog www.hayardin.com

Silahkan Tinggalkan Komentar Karena Komentar Anda adalah inspirasi saya untuk membuat goresan dalam blog ini...

Saya akan sangat berterima kasih dan menghormati Anda jika tidak melakukan SPAM. Kritik dan saran yang membangun akan saya terima dengan senang hati...

Salam SUKSES !

Hayardin, S.Pd