Mencari Uang dan Sesuap Nasi Lewat Blogging

Cari uang lewat blog
Blogging...Yaa,, Sebuah kegiatan yang mulai menyapa jemariku saat saya mulai duduk di bangku perkuliahan pada semester awal di sebuah perguruan tinggi negeri di Makassar, tepatnya Universitas Negeri Makassar ( UNM ). Tugas tugas dari Dosen yang menumpuk memaksa jemari ini menjelajahi dunia maya untuk mencari materi dari Tugas yang diberikan.

Bagi teman teman kampus yang memiliki Laptop, hal ini bukanlah menjadi masalah karena mereka bisa online secara gratis lewat fasilitas wi-Fi gratis dari Kampus. Tapi bagi saya dan teman teman lain yang  kurang beruntung karena belum memiliki Laptop harus mengeluarkan Uang tambahan untuk membayar biaya warnet ketika akan mencari Materi dari Tugas yang diberikan oleh dosen.

Suatu sore yang kelam, saat rintik hujan menyapa bumi, ku ayun langkah kecil ini menuju sebuah warnet dekat Kost saya berada. Yaa,, hanya  warnet inilah yang menjadi  harapan saya untuk bisa membantu saya menyelasaikan tugas dari Kampus. Entah mengapa, Sore itu, saat jemariku mulai letih mencari tugas terlintas dalam hati saya untuk membuat sebuah blog.

Motivasi untuk membuat sebuah blog muncul karena materi materi tugas kampus yang saya ambil dari eyang google itu berasal dari Blog.

Hati kecil inipun berkata “ Kamu kan seorang calon Guru, mengapa kamu tidak mencoba untuk membuat tulisan tulisan yang berkwalitas dalam sebuah blog ? “. Dari sinilah awal saya mulai mengenal dunia Blogging  

Hari hari berikutnya, ketika saya berkunjung ke warnet untuk mencari materi Tugas dari Kampus pasti selalu saya sempatkan untuk mencari di mesin pencari dengan keyword tutorial blog. Beruntung karena disaat saya sedang mencari tempat untuk belajar ngeblog saya menemukan sebuah blog yang benar benar berkwalitas.

Sebut saja namanya Kang Rohman. Yaa,, berkat blog beliaulah sehingga pengetahuan saya tentang blog yang awalnya nol besar lambat laun bertambah sedikit demi sedikit.

Hidup di kota Makassar sebagai Mahasiswa yang hanya selalu mengharapkan kiriman uang dari kampung membuatku untuk memutar otak bagaimana caranya untuk bisa meringankan beban orang tua di kampung yang hanya bekerja sebagai Petani. Oleh karena itu saya putuskan untuk membuat sebuh blog dengan tema bisnis online.

Keesokan harinya saya bertemu dengan seorang sahabat saya di kampus. Sebut saja namanya Rijal, tapi lebih akrab di panggil Ariel, tidak tauka kenapa bisa dipanggil Ariel ini anak satu, dibilang gagah dan berkharisma, tidak tonji iya, bahkan lebih gagahka daripada dia. Ah,, bodoh amat yang penting nyambung ceritaku kalau ketemuka sama ini anak satu.

Rijal : “ Apa kabar Bro ? “
Hayardin : “ Yaa sepeti biasa bro Aura gagah masih setia menyapa wajahku yang IMut ( Itam Mutlak Maksudnya ) ini “
Rijal : “ Darika MP=Mall Panakkukang ( Inimi Mall paling besarnya di Makssar ) kemarin Bro “
Hayardin : “ Apalagi mubeli di MP,  kayak tong banyak uangmu disitu selalu pergi belanja “
Rijal : “ hahaha..Justru itumi na ke MP ka karena mauka beli ini buku  (sambil mengeluarkan buku dari sebuah tasnya yang sudah lama sekalimi tidak pernah nacuci)“
Hayardin : “ Wah, kebetulan nich bro lagi carika buku yang seperti ini untuk mempermudah aktivitas bloggingku, bagaimana kalau saya belimi “
Rijal : “ Kalau kaumi ces, tidak ada yang tidak bisa karena kaumi itu best friendku, Beli saja “

250 Situs Web Pengeruk Dollar. Yaa,, inilah judul buku yang telah saya beli dari sahabatku Rijal. Dari bukun inilah saya mengenal sebuah istilah PTC. Yaa, sebuah program dalam bisnis online dimana tugas kita hanyalah melakukan klik pada situs penyedia iklan PTC dimana kita mendapat bayaran setiap klik iklan yang dilakukan.

Beberapa hari telah berlalu, dan saya telah melakukan aktivitas bisnis online PTC, hingga pada akhirnya saya putuskan untuk membuat sebuah blog yang bernama tipsbisnisonlineptc.blogspot.com.

Hampir 2 bulan aktivitas klik iklan PTC itu kujalani dan hasilnya sudah ada masing masing sekitar 5 ribu dari sekitar 20 situs PTC yang saya ikuti. Belum sempat melakukan Payout, masalah sudah datang menyapa karena saya harus menjalani KKN di desa selama 2 bulan lebih. Akses internet di desa yang susah mebuatku vacum dalam dunia blogging selama 3 bulan lebih.

Sepulang dari KKN, entah mengapa rasa jenuh untuk melakukan klik iklan datang menyapa. Salah satu penyebabnya mungkin karena sepulang dari KKN saya harus menjalani PPL lagi selama 3 bulan. Hingga akhirnya sayapun vacum dalam dunia blogging selama hampir 1 Tahun.

Setelah kegiatan KKN dan PPL telah berhasil saya selesaikan dan Alhamdulillah dari kedua mata kuliah tersebut masing masing saya mendapatkan nilai A. Entah ada angin apa, tiba tiba rasa rindu akan dunia blogging kembali datang menghampiriku.

Hingga pada akhirnya sayapun kembali membuka blog yang sudah tidak pernah saya urus selama hampir 1 tahun itu. Tapi apa yang terjadi ketika saya mulai menjalani dunia blogging lagi ? saya merasa frustasi karena hampir semua situs PTC yang saya ikuti ternyata SCAM atau Penipuan, Itu terbukti dari tidak bisanya situs tersebut untuk di akses. Uang yang telah terkumpul dalam akun saya terbuang begitu saja. Sedih memang, tapi itu tidak membuat niatku surut untuk menjalani kembali dunia blogging.

Banyaknya situs PTC yang SCAM membuatku kapok untuk terus menjalani Bisnis PTC, tapi untuk tetap eksis dalam dunia blogging saya tidak akan pernah kapok. Sayapun mulai berhenti menjalani bisnis PTC dan beralih ke bisnis PPC. Yaa,, Sebuah Bisnis Online dimana kita mendapatkan bayaran tiap kali terjadi klik iklan yang terpasang pada blog kita. Jadi ini berbanding terbalik dengan Bisnis PTC.

Menjalani bisnis online PPC  tidaklah semudah menjalani bisnis online PTC. Mengapa ? Karena untuk menjalani bisnis Online PPC, kita harus memliki sebuah blog yang berkwalitas yang meiliki banyak pengunjung perharinya. Tapi ini tidak membuatku berkecil hati. Ini adalah tantangan buat saya untuk menciptakan sebuah blog yang berkwalitas dimata pengunjung dan dimata search engine.

10 Januari 2012, blog yang bernama tipsbisnisonlineptc.blogspot.com resmi saya ganti menjadi nama hayardin-blog.blogspot.com. Dari sinilah awal saya mulai menciptakan tulisan demi tulisan dan berharap bisa sukses dalam bisnis online PPC

Menciptakan blog yang berkwalitas dan mendatangkan pengunjung yang banyak tiap hari pada blog ternyata tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Stress tingkat tinggipun mulai kurasakan karena pengunjung sangat sepi bahkan kadang dalam satu hari tidak ada satupun yang datang berkunjung. Sedih memang...

Itu kisah yang dulu...tapi sekarang lain...

Sekarang saya sudah bisa menikmati hasil jerih payah saya selama berbulan bulan...Blog yang dulunya sepi kini menjadi Ramai Pengunjungnya...Bahkan hanya dalam 3 bulan, tepatnya tabggal 3 Mei 2012 kemarin ketika Google melakukan Update Pagerank Alhamdulillah Blog yang saya kelola selama 3 bulan ini langsung mendapat PR 1 dari Google.

Hanya ada satu alasan mengapa saya menceritakan kisah ini kepada Anda, saya ingin Anda menyadari bahwa jika saya bisa, tentunya Anda juga akan jauh lebih bisa. Mengapa saya katakan ini ? Karena keberhasilan saya menempati halaman pertama google adalah murni dari hasil usaha saya sendiri tanpa bimbingan orang lain, saya hanya mempelajarinya secara otodidak dari search engine.

Setelah saya rasa ilmu SEO yang saya miliki sudah cukup karena telah terbukti beberapa postingan dengan jumlah saingan yang ketat berhasil menempati halaman pertama google, sayapun mulai melebarkan sayap untuk mengikuti kontes SEO yang diadakan Alfamart dan Yamaha.

Tapi sayang , saya terlambat mengikuti kontes SEO Alfamart  karena Lombanya sudah dimulai sebulan lebih baru saya ikut dan telah berakhir pada tanggal 16 juni 2012 kemarin . Hingga hasilnya saya hanya berhasil menempati halaman 7 google. 

Keinginan yang tulus untuk meringankan beban orang tua di kampung membuatku tidak menyerah untuk terus mencari uang dan  sesuap nasi lewat blogging. Hingga akhirnya 3 hari yang lalu, sebelum Tulisan ini saya posting dan saya kirim, seorang teman satu kamarku, sebut saja namanya Muhaimin, dia kebetulan satu Kabupaten juga dengan saya yaitu sama sama berasal  dari  kabupaten Barru mengatakan bahwa dia melihat baliho yang besar terpampang di Kampus UNM Gunung sari mengenai Lomba Menulis Paling Indonesia yang diadakan oleh Telkomsel.

Malamnya,, sayapun langsung googling untuk mencari informasi mengenai Lomba tersebut. Tapi untuk mencari informasi itu saya harus menunggu jam 12 malam lewat. Mengapa ? Yaa maklumlah Mahasiswa,  untuk memghemat biaya saya harus menunggu jam 12 malam lewat untuk bisa menadaftar paket Internet Midnight dari Telkomsel dengan biaya Seribu Rupiah. 

Uang seribu Rupiah sangat berharga bagi saya selama hidup sebagai Mahasiswa di Makassar. Setiap saya mengeluarkan uang saya selalu membayangkan Orang tua saya di kampung membanting tulang untuk mendapatkan rupiah demi rupiah demi biaya kuliahku di Makassar, Oleh karena itu saya sangat menghargai Uang biarpun Seribu Rupiah.

Untuk Online saya biasanya membeli pulsa 5 ribu dengan harga 6 Ribu, dan itu sudah bisa saya gunakan untuk blogging selama 10 Hari karena ternyata sekarang paket Midnight Telkomsel bisa dipakai selama 2 malam tapi harus pada jam 12 malam lewat.

Akhirnya pada malam hari ini 18 Juni , saya menadaftar pada Lomba Blog Telkomsel pada ulang Tahunnya yang ke 17  dengan Tema Paling Indonesia. Saya sengaja mengangkat Tema ini yaitu Mencari Uang dan Sesuap Nasi lewat Blogging karena kegiatan Blogging di Indonesia sudah sangat familiar dan Paling Indonesia.

Semoga apa yang ku gores pada postingan kali ini dapat memberikan setetes Inspirasi untuk tetap menciptakan Tulisan yang berkwalitas dari Jemari Anda. Besar harapan saya untuk memenangkan Lomba ini agar bisa membayar SPP pada semester ini dengan hasil jerih payah dari jemari ini tanpa meminta uang dari orang tua di kampung, namun keputusan tetap ada di tangan Dewan Juri yang Terhormat.

Apapun nanti hasilnya akan saya terima dengan ikhlas.  Terakhir, saya ucapkan Selamat Ulang Tahun Telkomsel Yang ke 17, semoga Sukses selalu merangkulmu di usia yang ke 17 Tahun ini. Maju Terus Dunia Blogging di Indonesia.

Salam SUKSES !

Lomba Blog Paling Indonesia



Dengan memasukan alamat email Anda dibawah ini, berarti Anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.hayardin.com di inbox E-mail anda

Enter your email address:


Delivered by FeedBurner

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mencari Uang dan Sesuap Nasi Lewat Blogging"

Terimakasih Sudah Membaca Artikel Dalam Blog www.hayardin.com

Silahkan Tinggalkan Komentar Karena Komentar Anda adalah inspirasi saya untuk membuat goresan dalam blog ini...

Saya akan sangat berterima kasih dan menghormati Anda jika tidak melakukan SPAM. Kritik dan saran yang membangun akan saya terima dengan senang hati...

Salam SUKSES !

Hayardin, S.Pd