Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw merupakan Unsur yang sangat Penting dicantumkan jika menyusun PTK dengan memilih Jigsaw sebagai Model Pembelajarannya. Oleh karena itu Model Pembelajaran kali ini akan membahas mengenai Langkah langkah Model Pembelajaran Jigsaw setelah pada postingan yang lalu juga telah membahas gambaran umum mengenai model pembelajaran jigsaw dan Pengertian model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Jika saat ini Anda sedang Jungkir balik dalam proses penyelesaian Skripsi dan kebetulan memilih model pembelajaran Jigsaw berarti Anda sudah berada di tempat yang tepat, Teruskan membaca ! Karena lewat tuilsan yang sederhana ini kita akan sama sama membahas mengenai Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Ada 4 Langkah Pokok ketika Model Pembelajaran Jigsaw diterapkan dalam proses pembelajaran di dalam kelas yaitu (1) pemberian tugas, (2) pemberian lembar ahli, (3) mengadakan diskusi, (4) mengadakan kuis

Slavin (Syarifuddin, 2009:13) mengemukakan Langkah langkah Model Pembelajaran Jigsaw sebagai berikut


  1. Membaca : murid memperoleh topik-topik ahli dan membaca materi tersebut untuk mendapatkan informasi.
  2. Diskusi kelompok ahli : murid dengan topik-topik ahli yang sama bertemu untuk mendiskusikan topik tersebut.
  3. Diskusi kelompok : ahli kembali ke kelompok asalnya untuk menjelaskan topik pada kelompoknya.
  4. Kuis: murid memperoleh kuis individu yang mencakup semua topik.
  5. Penghargaan kelompok : penghitungan skor kelompok dan menentukan penghargaan kelompok

Di bawah ini saya mencoba untuk menguraikan setiap tahap Model Pembelajaran Jigsaw yang di kemukakan oleh Slavin

1. Penyajian Materi


Pada Tahap ini pelajaran dimulai dengan guru menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi murid untuk belajar sekaligus menyajikan informasi atau materi melalui demonstrasi.

Pada saat ini murid berada pada kelompok asal yang beranggotakan 4 atau 5 orang murid yang heterogen, kemudian guru membagi tugas kepada tiap murid dalam tiap-tiap kelompok asal.

2. Diskusi Kelompok Ahli


Pada tahap ini anggota kelompok asal dengan tugas yang sama berdiskusi saling memberi pertanyaan dan jawaban untuk tugas tersebut. Guru pada saat ini harus benar-benar memantau untuk melihat hasil kerja kelompok.

3. Laporan Kelompok Asal


Pada tahap ini murid kembali dari diskusi kelompok ahli dan mempersiapkan penyampaian hasil tugasnya kepada anggota kelompoknya. Guru harus menekankan bahwa murid harus bertanggung jawab kepada rekan kelompoknya.

Secara bergiliran murid menyampaikan apa yang telah diperoleh dalam diskusi kelompok ahli. Guru memantau untuk melihat hasil diskusi kelompok asal.

4. Evaluasi Tentang Hasil Kerja Kelompok


Pada tahap ini setiap wakil dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan.

5. Penghargaan Tim


Pada tahap ini guru memberikan penghargaan atas hasil kerja murid baik secara individu maupun kelompok dalam bentuk pujian dari guru dan tepuk tangan dari teman-temannya.


Bagaimana ? Apakah Anda sudah mendapat sedikit hambaran mengenai Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ?

Bagi Anda yang masih GALAU tingkat tinggi karena Skripsi yang tidak kelar kelar, Tetap semangat yaa dalam menyusun Skripsinya, Percayalah Sebuah titik terang menanti Anda di depan sana.

Bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang guru, semoga dengan menerapkan model pembelajarn Jigsaw kepada anak didik kita, Kompetensi dasar yang diharapkan bisa tercapai. Jika Anda mempunyai pengalaman selama menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw, baik itu Kelemahan Model Pembelajaran Jigsaw atau kelebihan model pembelajaran Jigsaw, Anda bisa menceritakan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Happy Blogging dan salam SUKSES !

Posting Komentar untuk "Langkah langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw"